Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto memimpin apel peringatan HSN di alun-alun Wijaya Kusuma, Senin (22/10/2018). (Humas for MM).

Sampang, (Media Madura) – Penjabat (Pj) Bupati Sampang Jonathan Judianto memimpin apel Hari Santri Nasional (HSN) di Lapangan Wijaya Kusuma, Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (22/10/2018) pukul 08.00 WIB.

Tahun ini, Peringatan HSN merupakan tahun keempat dengan mengusung tema ‘Bersama Santri Damailah Negeri’. Tema tersebut diluncurkan oleh Kementerian Agama RI.

Dalam apel itu diikuti bersama ribuan para santri dan pengasuh pondok pesantren serta pejabat di Sampang tampak mengenakan sarung.

Jonathan mengatakan, di bawah bimbingan ulama dan kiai, para santri sudah membuktikan jadi diri untuk menjaga kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu, diharapkan perjuangan ulama dan santri dalam menjaga kemerdekaan tetap terus dipertahankan hingga kedepan.

“Apalagi tadi sudah bersama-sama mendengarkan ikrar santri bahwa membela dan menjaga pancasila, berkonstitusi atas Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, berkebudayaan Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” ujar Jonathan usai peringatan HSN, Senin (22/10/2018).

Pantauan mediamadura.com, usai apel peringatan HSN, kegiatan diakhiri dengan pementasan drama kolosal resolusi jihad Mbah Hasyim Asy’ari.

Para santri tampil memukau, mereka menceritakan semangat perjuangan kaum santri mempertahankan kemerdekaan Indonesia tertanggal 22 Oktober.

Bupati Sampang menginginkan peringatan HSN lebih semarak. Karena itu, tahun depan momentum tersebut akan digebyarkan semeriah mungkin. Hal ini sekaligus bagian dari cara menanamkan nilai-nilai bela negara dan cinta tanah air.

“Kita sudah melihat tadi drama kolosal yang sangat bagus baik alur ceritanya dan tahapannya, saya usul ke kiai gimana kalau tahun depan lebih ditingkatkan gebyar HSN ini, semisal rangkaian diperingati pagi dan malam hari resepsi gebyar dan ditutup dengan drama kolosal,” ujarnya.

Jonathan menambahkan, suatu kewajaran jika pemerintah akan memberikan perhatian lebih terhadap momentum tersebut. Mengingat, Sampang adalah Kota santri. Sehingga, nantinya kegiatan HSN akan dibiayai oleh APBD 2019.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.