Pamekasan – salah satu sarana yang gencar diperkenalkan oleh satgas dalam pelaksanaan TMMD ke 103 Kodim 0826 Pamekasan kepada siswa di Desa Pasanggar yakni perpustakaan berjalan.

Perpustakaan berjalan ini yakni kendaraan roda tiga. Kendaraan ini berupa motor yang dijuluki Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Simokos). Kendaraan ini ternyata dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, di antaranya perpustakaan mini, alat permainan, dan juga layar untuk pemutaran film.

Satgas yang merupakan anggota TNI mendatangi sejumlah sekolah di desa ini, salah-satunya SDN Pasanggar II. Sarana ini sebagai sarana literasi siswa dalam rangka menanamkan nilai-nilai bela negara sekaligus memberikan motivasi belajar kepada generasi muda khususnya kalangan pelajar.

Bamin TUUD Koramil 0826/07 Pegantenan Sertu I Gede Tama
beserta 2 anggotanya melaksanakan pengenalan Simokos kepada para siswa. Ratusan siswa nampak antusias menyambut kedatangan para petugas ini. Bahkan banyak siswa yang meminjam dan membaca buku.

Dikatakan, adanya Simokos bertujuan untuk mengajak anak-anak agar gemar membaca, selain itu memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa.

“Ini juga melatih kebersamaan dan kekompakan siswa dengan mengajak bermain game,” tutur Sertu I Gede Tama.

Sementara itu Kepala SDN Pasanggar II menyampaikan Sadik menyampaikan kegembiraannya dengan adanya program ini. “Kami ucapankan banyak terima kasih kepada anggota Satgas TMMD Ke 103, Kodim 0826 Pamekasan karena mempunyai program mendekatkan diri dengan sekolah” Ucapnya.

Ia pun meminta, para siswa dapat mengikuti kegiatan bersama TNI dengan baik. ”Kegiatan seperti ini sangat jarang. Jadi manfaatkan kegiatan ini dengan baik,” katanya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme para siswa, dan siswa dapat memahami sejarah perjuangan bangsa Indonesia. “Semoga dengan ini tumbuh rasa cinta terhadap bangsa Indonesia dalam benak siswa,” tandasnya.

Reporter : Ist
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.