Pamekasan, (Media Madura) – Tidak banyak yang tahu jika Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, rupanya penikmat kopi. Bahkan pengetahuannya tentang kopi sudah dipelajari sejak bertugas selama 9 tahun di Aceh.

Dandim menjelaskan, pada dasarnya kopi hanya ada dua jenis, yakni Robusta dan Arabika. Kopi Robusta saat ini sudah sangat langka sebab jenis kopi ini memang tidak tahan hama dan sulit tumbuh, jenis kopi ini hanya bisa tumbuh di wilayah tertentu dengan tanah yang tinggi.

“Sementara Arabika tahan di berbagai tempat dan sampai saat ini tetap bertahan. Bahkan yang saat ini beredar mayoritas kopi jenis Arabika,” katanya dalam acara ngopi bareng anggota grup WA Pamekasan berteman di Rubbys Coffe. Rabu (17/10/2018) malam.


Di cafe dengan menu khas kopi toraja ini, Dandim juga menjelaskan jenis kopi yang tengah populer di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai jenis kopi Gayo Aceh Tengah, Kopi Lampung, Kopi Tiwus di Jawa Barat, Kopi Wonoboyo di Jawa Tengah dan Kopi Kayumas di Ijen, kopi luwak serta Dampit di Jawa Timur.

Tetapi, kata dia, dari seluruh jenis kopi tersebut mempunyai kekhasan maaing-masing, tergantung selera penikmat dan cara penyajiannya.

“Kopi itu diukur dari kekhasannya. Dan setiap daerah akan mengaku paling unggul, karena memang tidak ada ukurannya,” katanya.

Dijelaskan, di masing-masing daerah lokasi penanaman kopi, pohon penutup tanaman kopi, jenisnya berbeda-beda, dan tanaman penutup tanaman kopi itu juga akan mempengaruhi kualitas kopi.

Sementara itu, dr Siswanto Pabidang sebagai inisiator ngopi bareng kopi Toraja asli Sapan ini menjelaskan, sebaiknya menikmati kopi tidak terlalu banyak menggunakan gula dan bahkan sangat baik tidak menggunakan gula.

“Kopi hitam tanpa gula memberikan manfaat bagi tubuh, terutama bagi penderita diabetes,” kata dokter yang sengaja mengundang Dandim 0826 Pamekasan dalam ngopi bareng ini.

Kopi hitam, kata dia, mengandung 60 persen nutrisi, 20 persen vitamin, 10 persen kalori dan 10 persen mineral dan semua itu sangat baik untuk kesehatan.

“Mulailah minum kopi tanpa gula. Minum kopi hitam dua kali sehari dapat mencegah penyakit parkinson, karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Meningkatkan mood sehingga menjadi obat untuk melawan depresi,” pungkasnya.

Reporter : Ist
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.