Alfamart melatih pelaku usaha mikro di Sampang, Rabu (17/10/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Alfamart kini punya program pinjaman modal untuk pedagang warung binaannya. Pinjaman itu ditawarkan mulai Rp 500.000 hingga Rp 10 juta dengan bunga nol persen dan pilihan tenor mulai 3 hari, 7 hari dan 14 hari.

Member Relation Coordinator Alfamart Cabang Sidoarjo, Sugeng Wibowo mengatakan, program Toko Modal ini baru berjalan sebulan dan sudah berlaku secara secara nasional serta bisa diakses melalui aplikasi Alfa Mikro.

“Program Toko Modal ini didukung oleh perusahaan pembiayaan PT Toko Modal Mitra Usaha. Tujuannya, membantu cash flow pedagang,” katanya di sela Pelatihan Manajemen Ritel Modern bersama puluhan pedagang warung binaan Alfamart, di RM Asela, Rabu (17/10/2018).

Kecenderungan selama ini, kata Sugeng, pedagang warung kesulitan cash flow karena banyak tetangga mereka yang membayar dagangan dengan cara berhutang.

“Tipikal warga di kampung-kampung masih banyak yang seperti itu. Kalau program pengiriman barang secara gratis dan diskon barang kan sudah berjalan, sekarang dilengkapi kemudahan yang lain,” jelasnya.

Dalam Pelatihan Manajemen Ritel Modern yang diadakan tiap 2-3 bulan sekali tersebut, pedagang dibekali antara lain manajemen penataan barang, pengaturan stok barang, manajemen keuangan (cash flow), serta tips mengamati tren pasar terkait produk yang sedang diminati pasar.

“Kami ingin bersinergi dengan ritel tradisional sebab kami ingin berkembang dan tumbuh berdampingan sehingga keberadaan kami berkontribusi positif terhadap bisnis pedagang kecil,” katanya.

Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil.

“Bentuk sinergi lainnya yang dilakukan Alfamart dengan peritel tradisional yakni bedah warung. Warung binaan terpilih akan direnovasi dan dipercantik agar konsumen lebih nyaman ketika berbelanja,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.