Kondisi para korban gempa saat menjalani perawatan di Puskemas Gayam, Sapudi

Sumenep, (Media Madura) – Untuk membantu korban gempa, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menambah tenaga medis ke Puskesmas Gayam, Pulau Sapudi. 

“Ya, kita kirim dua dokter dan perawat khusus ke Puskesmas Gayam untuk membantu penanganan luka berat yang disebabkan gempa di Situbondo,” tutur Kadiskes Sumenep, A. Fatoni, Kamis (11/10/2018).

Selain menambah tenaga medis, kata Fatoni, pihaknya memerintahkan tenaga yang bertugas di Puskesmas Nonggunong, Pulau Sapudi juga ikut membantu penanganan di Puskesmas Gayam.

“Untuk mempercepat penanganan korban luka, tenaga medis yang bertugas di Puskesmas terdekat juga kami minta untuk membantunya,” paparnya 

Lebih jauh ia menerangkan, sesuai data yang pihaknya terima, korban gempa yang harus rawat inap di Puskesmas Gayam jumlahnya mencapai belasan. Sementara korban dengan luka berat seperti patah tulang, telah dirujuk ke RSUD Sumenep.

Sekedar informasi, gempa utama yang berpusat di Situbondo yang terjadi Kamis dini hari lebih berdampak ke wilayah Kabupaten Sumenep, khususnya pulau Sepudi.

Bahkan berdasarakan daata BPBD setempat, 3 orang di Sumenep meninggal dunia akibat gempa tersebut, 12 luka-luka dan 25 bangunan mengalami kerusakan.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.