Kepala Dinkes Kabupaten Pamekasan, Ismail Bey

Pamekasan, (Media Madura) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur merilis ada sebanyak 276 warga positif menderita penyakit kusta.

Dikatakan oleh Kepala Dinkes Pamekasan, Ismail Bey, penyakit yang timbul dari virus monobacterium lephrae itu menyebar di seluruh kecamatan, daerah terbaru di Kecamatan Galis.

“Tiga tahun sebelumnya Kecamatan Galis tidak pernah ditemukan penderita kusta. Sekarang setiap kecamatan sudah terjangkit kusta,” katanya, Rabu (10/10/2018).

Dijelaskan Bey, penyakit yang bisa menular dengan cara mandi dalam wadah serta menggunakan pakaian atau sabun yang sama itu terbanyak di Kecamatan Pasean dan Batumarmar. Sementara di kecamatan lain hanya sebatas ada yang terjangkit.

“Yang banyak di daerah pantura, daerah lainya juga ada,” tambahnya.

Menurut Bey, masyarakat Pamekasan masih banyak yang belum memahami penyakit kusta serta cara pencegahannya. Padahal penyakit kusta mudah menyebar.

“Jadi penyakit kusta mudah menular kepada orang-orang yang berada di sekitarnya jika ada kontak fisik,” terangnya.

“Jadi, jangan menunggu hingga penyakit kusta itu parah, baru melapor, karena penyakit kusta itu harus segera ditangani dan dapat disebuhkan,” tandas Bey.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.