Bupati Busyro Karim dan Nurfitriana saat berbincang dengan puluhan korban gempa Palu di penampungan

Sumenep, (Media Madura) – Bupati Sumenep, A. Busyro Karim beserta istrinya, Nurfitriana mengunjungi puluhan korban gempa dan tsumani Palu asal Sumenep di tempat penampungan sementara atau Rumah Perlindungan Sosial (RPS), yang baru saja dipulangkan, Senin (8/10/2018).

Bupati menyempatkan diri berbincang dengan korban seputar musibah yang baru mereka alami di Sulteng.

Di samping itu, Bupati juga memberikan bantuan langsung kepada mereka. Sebab, menurut rencana mereka masih akan tinggal sementara di penampungan sambil menunggu pemulangan korban lainnya.

“Sebelumnya, kami sudah pulangkan 5 orang ke Kepulauan, lalu sekarang baru tiba 41 orang dan rencananya masih ada 147 orang lagi yang akan segera tiba di Sumenep,” ujar Busyro Karim di sela-sela kunjungannya, Senin (8/10).

Menurutnya, mereka akan dipulangkan secara serentak dari Sumenep ke rumah mereka masing-masing setelah semua korban selamat sampai di Sumenep.

“Setelah dipulangkan ke rumah masing-masing, nanti saya akan minta Kepala Desa mereka untuk mendata pekerjaan mereka selama di Palu,” katanya.

Dari data itu, kata Busyro, pihaknya berjanji akan memfasilitasi memberikan pelatihan-pelatihan atau suntikan kofal sesuai dengan pekerjaan asal mereka.

“Seperi barusan ada yang bilang kerjaannya di percetakan, lalu ada yang jual sate dan ada yang memang PKL. Nah, itu nanti akan bantu, tetapi harus ada data dulu, karena kalau tidak kita bisa salah dalam memberikan bantuan modal,” janjinya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.